Kesehatan Bumil Balita

Kesehatan Bumil Balita merupakan blog kesehatan yang memberikan informasi tentang kehamilan, balita, kesehatan, penyakit dan tips kesehatan untuk anda

Alat Kontrasepsi Paling Aman

Terdapat banyak sekali kalangan yang berpendapat jika menunda kehamilan merupakan sesuatu yang sangat di larang. Apalagi ada pula yang membolehkan untuk mengunakan alat kontrasepsi, namun dengan bebagai syarat yang merepotkan.

Namun pada kesempatan kali ini BumilBalita.com tidak lagi mangulas masalah tersebut. Fokus kita lebih kepada para pengguna alat kontrasepsi supaya dapat memperoleh alat yang berkualitas serta aman tentunya untuk kesehatan.

Ketika kesempatam hamil harus ditunda, pilihannya kalau ingin aman yaitu dengan menggunakan alat kontrasepsi. Apa alat kontrasepsi paling aman pilihan Anda?


Jenis Alat Kontrasepsi Paling Aman


Simak beberapa hal berikut ini supaya Anda dapat memperoleh hasil yang terbaik maka cobalah untuk mencermati beberapa metode maupun cara yang dapat dipilih sebagai cara untuk memperoleh alat kontrasepsi paling aman.

1. Kontrasepsi Birth Control Spons

Birth control spons (spons kontrasepsi) merupakan spons kecil berbentuk bulat yang terbuat dari bahan plastik lembut dan licin. Alat ini dimasukkan jauh ke dalam Miss V sebelum berhubungan seks. Spons menutupi serviks serta mempunyai kandungan spermisida untuk membantu mencegah kehamilan. Setiap spons mempunyai loop kain yang melekat sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Spons mencegah kehamilan dengan 2 cara.

Spons ini pas dengan leher rahim untuk menghalangi pintu masuk ke rahim sehingga sperma suami tidak dapat sampai ke sel telur. Spons juga mempunyai kandungan spermisida yang memperlambat sperma suami, sehingga tidak dapat mencapai sel telur. Spon dapat digunakan dengan sendirinya maupun dengan menggunakan kondom. Menggunakan spons dan kondom akan memberi perlindungan ekstra dari kehamilan.

2. Kontrasepsi Birth Control Ring

Birth control ring (AKA NuvaRing) merupakan metode pengendalian kelahiran yang aman, sederhana serta terjangkau, alat ini dipakai di dalam Miss V. Cincin kecil yang fleksibel mencegah kehamilan dengan cara melepaskan hormon ke dalam tubuh. Cincin ini sangat efektif apabila selalu menggunakannya dengan benar. NuvaRing bekerja dengan menghentikan sperma untuk bertemu dengan sel telur (yang biasa disebut pemupukan). Seperti kebanyakan pil KB, cincin tersebut mempunyai kandungan hormon estrogen serta progestin yang mirip dengan hormon yang diproduksi tubuh kita secara alami.

3. Kontrasepsi Birth Control Patch

Birth control patch merupakan metode kontrasepsi hormonal. Alat ini berbentuk petak persegi kecil yang tampak seperti balutan plastik. Alat ini ditempelkan secara langsung ke kulit serta secara bertahap akan melepas hormon ke dalam tubuh untuk mencegah kehamilan. Anda bisa mengganti alat ini sekali dalam seminggu. Birth control patch diperkenalkan sejak tahun 2002.

Birth control patch mempunyai kandungan 2 hormon estrogen dan progestin buatan manusia. Hormon ini merupakan jenis hormon yang sama, dengan hormon yang ditemukan pada kebanyakan pil KB. Tubuh akan menyerap hormon dari patch. Setelah itu, hormon mulai mencegah kehamilan dengan cara menghalangi ovarium melepaskan telur. Hormon dari patch ini juga menebalkan lendir serviks untuk mencegah keluarnya sperma. Patch umumnya memakan waktu satu minggu setelah mulai menggunakannya untuk mencapai efek secara penuh.

4. Kontrasepsi Vasektomi

Vasektomi merupakan bentuk kontrasepsi yang efektif dan bersifat permanen. Operasi lebih cepat, lebih mudah serta lebih efektif daripada sterilisasi perempuan. Terdapat tingkat kegagalan yang sangat kecil. Sterilisasi cuma untuk orang-orang yang sudah memutuskan bahwa mereka tidak ingin menambah anak lagi sama sekali.

Hal ini dianggap sebagai metode kontrasepsi yang permanen, seperti pembalikan operasi yang rumit tidak selalu berhasil. Tidak hanya itu, pembalikan umumnya tidak tersedia pada NHS. Apa itu vasektomi? Vasektomi merupakan operasi kecil untuk memotong vas deferens yang merupakan tabung yang membawa sperma dari testis ke penis. Sperma diproduksi pada testis laki-laki.

Begitu vas deferens dipotong, sperma tidak dapat lagi masuk ke air mani yang berejakulasi (datang) saat tengah berhubungan intim. Seberapa handal vasektomi? Vasektomi sangat dapat diandalkan namun tidak cukup 100%.

Malahan sesudah keberhasilan operasi kurang lebih 1 dari 2.000 pria yang sudah menjalani vasektomi akan kembali subur di beberapa titik kedepannya. Ini sebab jarang, kedua ujung vas deferens dipotong bersatu kembali dari waktu ke waktu. (Apabila kontrasepsi tidak digunakan lebih dari 80 pada 100 perempuan yang aktif secara seksual akan mengandung dalam waktu satu tahun) Kurang lebih 1 dari 1.000 operasi tidak berhasil serta tes tersebut menunjukkan jika sperma masih terdapat dalam air mani sesudah operasi.

5. Kontrasepsi Pil KB

Jenis alat kontrasepsi ini merupakan kontrasepsi yang amat populer untuk dicoba. Pil ini bisa mencegah kehamilan tapi tetap bisa mempertahankan gairah seksual perempuan. Pil KB mencegah kehamilan lewat kandungan hormon estrogen serta progestin, dengan menghalangi indung telur berovulasi maupun melepaskan sel telur. Tidak hanya itu, pil juga akan membuat sperma kesulitan menggapai sel telur atau menghalangi sel telur melekat pada lapisan rahim.

6. Kontrasepsi IUD

IUD merupakan piranti kecil yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan. IUD ini bersifat jangka panjang, reversibel serta salah satu metode kontrasepsi yang sangat efektif di luar sana. IUD singkatan dari intrauterine device (piranti di dalam rahim). Bentuk dari IUD adalah sepotong plastik fleksibel kecil yang berbentuk semacam huruf T. Kadang-kadang disebut juga dengan kontrasepsi intraperine IUC.

7. Kontrasepsi Diafragma

Diafragma merupakan sebuah alat kontrol kelahiran yang berbentuk semacam cangkir dangkal menyerupai piring kecil yang terbuat dari bahan silikon lembut. Diafragma dimasukkan ke dalam Miss V untuk menutupi leher rahim. Diafragma merupakan penghalang yang menutupi serviks, menghentikan pergerakan sperma untuk bergabung dengan sel telur. Supaya diafragma bekerja dengan baik, harus digunakan dengan spermisida (krim atau gel yang membunuh sel sperma).

Memperbanyak spermisida ke diafragma saat sebelum memasukkannya ke dalam Miss V membuatnya lebih efektif. Spermisida mempunyai bahan kimia yang menghentikan pergerakan sperma sehingga mereka tidak dapat sampai ke sel telur. Diafragma membuat spermisida tetap berada di dekat serviks.

8. Kontrasepsi Vasalgel

Alat kontrasepsi jenis ini khusus diciptakan untuk laki-laki. Vaselgel yang berupa gel ini disuntikkan ke dalam vas deverens ataupun tabung yang membawa sperma. Vasalgel merupakan kontrasepsi non-bedah yang bersifat jangka panjang dengan keuntungan signifikan dibanding vasektomi, bisa jadi akan lebih reversibel. Prosedurnya mirip seperti vasektomi tanpa skalpel, kecuali gel yang disuntikkan pada vas deferens (tabung yang dilalui sperma) serta bukannya memotong vas (seperti yang dilakukan dalam metode vasektomi).

9. Kontrasepsi Kondom Wanita

Kondom wanita adalah alat yang digunakan selama hubungan intim. Kondom wanita digunakan oleh partner reseptif serta menutup masuknya semen untuk memasuki tubuh orang yang dilindungi. Kondom wanita digunakan untuk mencegah kehamilan serta menghindari penyakit menular seksual. Kondom wanita sudah ada sejak 15 tahun lalu. Sebaiknya alat kontrasepsi yang satu ini digunakan 8 jam sebelum melakukan hubungan intim.

10. Suntikan Kontrasepsi

Suntikan kontrasepsi mempunyai kandungan hormon progestogen yang mirip dengan progesteron alami yang diproduksi perempuan pada indung telur mereka. Suntikan kontrasepsi ini merupakan kombinasi dari testosteron dan progesteron yang bisa menghentikan produksi sperma. Laki-laki bisa menggunakan metode ini apabila mereka keberatan dengan proses vasektomi.

Itulah adalah beberapa alat kontrasepsi paling aman digunakan. Efek yang ditimbulkan sesudah penggunaan merupakan sebuah hal yang normal. Konsultasikan kepada dokter Anda ingin menggunakan yang mana serta tergantung kebutuhan Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel Alat Kontrasepsi Paling Aman Semoga bermanfaat..


Dіѕсlаіmеr: Gаmbаr аtаuрun vіdео уаng аdа dі web іnі terkadang berasal dari bеrbаgаі sumber mеdіа lain. Hаk Cірtа ѕереnuhnуа dipegang оlеh sumber tеrѕеbut. Jіkа аdа mаѕаlаh tеrkаіt hаl іnі, Andа dараt menghubungi support bumilbalita.com.

Ikuti Update Artikel via Email

Artikel Populer